Penasaran? Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Mobil

Four stroke engine merupakan perlengkapan pada alat transportasi terutama mobil berupa mesin yang terlebih dahulu haruslah lewat 4 proses sebelum memberikan hasil suatu energi. Mungkin Anda pun menjadi salah satu orang yang memiliki kendaraan dengan mesin jenis ini, namun sebelumnya bagaimana sih sebenarnya cara kerja mesin 4 tak itu sendiri?

Nah mesin 4 tak atau four strok engine ini memang mempunyai prinsip yang ramah lingkungan, sehingga sangat rekomendasi untuk Anda yang ingin mempunyai motor atau mobil. Alasan kenapa ramah lingkungan karena mesin ini tidaklah menghasilkan gas emisi dengan jumlah yang banyak seperti pada jenis  lainnya.

Simak juga artikel tentang cara kerja mesin 2 tak, untuk melengkapi khasanah Anda tentang cara kerja mesin yang lebih lengkap.

Mau Tahu Cara Kerja Mesin 4 Tak? Simak Ulasan Berikut

cara kerja mesin 4 silinder

Meskipun banyak orang yang memiliki kendaraan baik bermotor ataupun mobil, namun pada kenyataannya masih belum mengetahui tentang cara kerja mesin 4 tak. Maka dari itu penjelasan berikut ini akan memberikan Anda jawabannya, dan setidaknya membantu memperluas wawasan. Untuk itu silahkan simak dan pahami baik-baik.

  1. Intake atau langkah hisap

Cara kerja mesin 4 tak  diawali dengan langkah intake atau hisap. Dimana langkah ini akan membuat katup intake mengalami pembukaan dan kemudian menghisap seluruh campuran dari bahan bakar bensin yang digunakna oleh mobil dan telah diubah menjadi kabut.

Pada tahapan ini bukan berarti hanya terjadi satu kali saja melainkan masih ada beberapa proses lagi. Pertama adalah langkah hisap yang merupakan pegerakan dari piston dengan awalan titik mati atas atau TM, kemudian barulah menuju titik mati bawah atau TMB.

Setelah itu klep inlet akan mengalami pembukaan sehingga baha bakar bisa masuk ke silinder dan kemudian Kruk As akan berputar sebesar 180 derajat. Sedangkan untuk noken As sendiri akan mengalami perputaran sebesar 90 derajat serta memberikan tekanan negatif yang ada di pasa piston yang bermanfaat menghisap kabut udara.

Disamping itu komponen tadi juga akan menghisap bahan bakar dan mengarahkan ke silinder. Pada langkah ini tujuan utamanya adalah memasukkan kabut udara dan juga bahan bakar ke dalam silinder. Tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi tenaga dari mesin itu sendiri.

Sebab pada proses yang pertama ini sangat dipengaruhi oleh jumlah bahan bakar yang berhasil terbakar saat melewati proses pembakaran. Jadi semuanya saling berkesinambungan, dan semakin banyak hasil pembakaran maka perfoma mesin juga semakin berkualitas.

  1. Compression atau langkah kompresi

perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak

Langkah kedua yang ada di cara kerja mesin 4 tak yakni compression atau langkah kompresi. Pada tahapan kompresi ini bisa diartikan sebagai langkah mulainya klep inlet yang mulai menutup sehingga piston akan bisa langsung terdorong ke bagian ruang bakar yang diakibatkan oleh kruk as flywheel.

Sementara itu proses yang terjadi pada tahap ini ialah piston akan mengalami pergerakan kembali dari TMB ke TMA. Kemudian klep ini akan menutup dengan sendirinya, dan hal ini juga berlaku pada klep ex yang tetap menutup. Setelah itu bahan bakar akan menempati kubah pembakaran.

Tepat di posisi 15 derajat sebelum TMA komponen busi akan mulai kinerjanya dengan menyalakan bunga api, yang kemudian akan langsung memulai pembakaran. Proses ini akan membuat krus as dapat mencapai rotasi secara penuh serta noken as yang dapat mencapai titik 180 derajat.

Sejaun ini cara kerja dari mesin jenis ini dilakukan dengan tujuan utama sebagai peningkatkan temperature supaya perpaduan antara bahan bakar dan udara dapat saling bersenyawa. Tak hanya itu saja karena pada tahap kedua ini mempunyai hubungan yang cukup berpengaruh  terhadap produksi tenaga mesin itu sendiri.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil kinerja dari langkah pertama akan diperngaruhi oleh proses ini. Dengan demikian katakanlah jika tahapan kedua dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap lanjutan prosesnya.

  1. Pembakaran/combustion atau langkah tenaga

Pembakaran atau combustion merupakan langkah tenaga yang prosesnya sangat penting pada cara kerja mesin 4 tak karena menjadi tahapn dalam membuat tenaga. Pukulan tenaga yang ada di dalam mesin akan dimulai saat campuran dari bahan bakar serta udara sudah mengalami kompresi.

Kemudian hasilnya akan dinyalakan tepat pada ruang pembakaran yang nantinya penyalaannya dilakukan oleh komponen busi mesin. Nah saat busi mulai menyala maka dengan waktu yang sangat singkat dan cepat campuran sudah mengalami pembakaran.

Kemudian akan merambat serta menciptakan ledakan-ledakan yang ditahan oleh bagian dinding dari kepala silinder. Dengan demikian yang ditimbulkan adalah umpan balik yang menciptakan tenaga pada mesin 4 tak dan pada akhirnya menjadi jenis yang paling ramah lingkungan.

Sedangkan untuk proses yang dialami pada tahap ketiga ini dimulai saat terjadinya ledakan secara sempurna pada ruang bakar. Maka akan mengakibatkan piston terlempar dari wilayah TMA ke TMB dan membuat komponen klep intel mengalami penutupan secara keseluruhan.

Hal ini akan terus terjadi sampai pada akhirnya klep buang mulai membuka sedikit demi sedikit. Selanjutnya akan terjadi tahapan transformasi diantara energi serta gerakan bolak-balik yang dilakukan oleh piston sehingg menghasilkan energi rotasi kruk as.

Putaran yang ada akan dilakukan secara terus menerus supaya semakin menghasilkan kruk as yang mencapai 540 derajat dan membuat noken as menjadi 270 derajat. Dengan demikian hasil yang akan diperoleh dan dikeluarkan oleh mesin berupa emisi ramah lingkungan.

  1. Exhaust atau langkah buang

cara kerja motor 4 tak beserta gambarnya

Langkah paling akhir di cara kerja mesin 4 tak yaitu exhaust atau langkah buang. Bisa dikatakan proses ini juga sangat penting karena menjadi langkah yang akan menghasilkan tenaga atau energi yang baik dan positif. Tentu saja untuk mengoperasikan mesin dengan perfoma lembut dan efesien.

Dalam tahapan ini piston akan mendorong gas sisa dari pembakaran yang sudah keluar dari silinder menuju ke arah pipa knalpot. Proses ini haruslah dilakukan secara optimal supaya dapat menghindari gas baru yang akan tereduksi di tenaga yang nantinya dihasilkan.

Pada dasarnya keempat cara diatas menjadi langkah-langkah terpenting dalam tahapan kinerja dari mesin 4 tak. Dengan begitu tenaga yang maksimal serta efesien akan dihasilkan serta memberikan dampak yang positif terhadap keluaran gas emisinya. Untuk itu tak heran jika mesin ini memang sangat ramah akan lingkungan.

Dilihat dari beberapa tahapan khusus yang sengaja dirancang memang menjadi bukti nyata dan kuat bahwa perfoma mesin akan sangat dipengaruhi oleh kinerja mesin itu sendiri. Makanya proses dan prosedur yang ada tidak ada yang boleh terlewatkan karena dapat membuat mesin menjadi tidak maksimal ketika digunakan.

Itulah tadi penjelasan menganai cara kerja mesin 4 tak yang sekaligus menjadi informasi bagi Anda. Meskipun penjelasan ini lebih mengarah pada mobil namun pada dasarnya kinerja motor juga sama. Setelah mengetahui ulasan tadi semoga Anda mendapatkan manfaat yang baik dan menjadi bekal dalam memperluas wawasan otomotif.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *