Begini! Cara Pasang Tape Mobil yang Sesuai Prosedur

Mobil bekas atau mobil yang sudah cukup lama kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari. Seringnya selalu saja ada sesuatu hal yang ingin kita ubah supaya kondisinya lebih membuat kita nyaman. Entah itu tempat duduk yang digenti dengan yang lebih empuk, atau lampu dalam mobil misalnya. Atau juga dengan mengganti tape atau tempat kita biasa mendengarkan aneka multimedia di dalam mobil. Tetapi yang jaadi pertanyaan adalah gimana sih cara pasang tape mobil yang benar itu? Caranya seperti apa?

Tape atau multimedia player memang menjadi salah satu bagian mobil yang juga cukup penting. Dengan adanya tape, kita jadi ada hiburan di dalam mobil. Mendengarkan lagu lawas atau modern, mendengar celotehan penyiar radio di sepanjang jalan dengan informasi yang menarik, atau sengaja mendengarkan album penyanyi favorit keluarga

Satu mobil seperti menjadi tempat karaoke yang bisa di bawa-bawa ke mana saja. Ya itulah yang terjadi ketika mobil masih punya tape yang bisa berfungsi dengan baik. Ada kalanya tape juga bisa rusak. Sama seperti komponen lainnya di dalam mobil. Dan pada tulisan kali ini, kami akan membagi tips cara pasang tape mobil untuk kamu yang masih pemula dan ingin memasangnya sendiri di garasi rumahmu

Cara memilih tape yang bagus untuk mobil

Sebelum kita menuju ke cara pasang tape mobil yang benar itu seperti apa, ada baiknya kita juga simak gimana sih cara milih tape yang bagus? Soalnya urusan tape ini kan urusan yang pemakiannya cukup lama. Jadi harus beli yang betul-betul bagus supaya awet. Tidak sering gunta-ganti karena rusak. Atau di genti karena tape nya bermasalah.

Cara pasang tape mobil sangat ditentukan oleh memilih tape yang betul-betul memiliki kualitas yang baik, tidak memiliki cacat apapunĀ  dalam setiap komponennya. Secara lengkap, bagaimana tip memilih tape yang bagus untuk mobil, akan kami sajikan di bawah ini

  1. Merek

Pertimbangan pertama sebelum ke yang lain adalah memilih merek yang memang sudah terbukti menyediakan tape-tape andalan. Kualitasnya sudah terbukti secara turun temurun. Memilih merek yang sangat populer juga penting karena merek tersebut pastilah dipilih karena kualitas. Sebelum akhirnya memang jadi produk populer.

Dengan merek yang bagus, cara pasang tape mobil yang baik dan benar juga akan mudah dilakukan nantinya. Dengan merek yang bagus pula, kamu akan lebih tenang jika suatau saat tapenya rusak atau trouble. Biasanya merek tape yang berkualitas, mempunyai masa garansi untuk kita bisa tukarkan atau betulkan dengan harga murah atau bahkan gratis

  1. Fitur

Selain merek, pertimbangan memilih tape yang bagus juga diperlihatkan dari fitur apa saja yang mereka sediakan untuk pelanggannya. Jika tape lawas biasanya hanya bisa digunakan untuk memutar kaset dan cd atau dvd player, maka di jaman yang canggih sekarang, seharusnya sebuah tape sudah memiliki fitur atau teknologi yang sudah mumpuni.

Sebut saja USB player yang di mana kita bisa memasukkan lebih banyak music dan video pada perangkat kecil namun dengan kapasitas penyimpanan yang begitu besar, untuk ukuran usb fladisk yang murah dengan 1 atau 2 gb saja, harganya tidak akan lebih dari 50rb. Atau Bluetooth speaker yang memungkinkan pengguna memutar tape tanpa kabel.

  1. Compatible dengan Mobil

Satu yang juga penting adalah memilih tape yang memang compatible dengan mobil yang sedang kamu gunakan. Biasanya setiap tape tentu ada kabel atau beberapa instruksi yang bisa disesuaikan dengan mobil. Untuk lebih lengkapnya, kita langsung saja bahas cara pasang tape mobil

Cara Pasang tape Mobil, tip dan trik supaya berhasil memasangnya

cara pasang tape mobil

Memasang tape mobil atau juga biasa disebut Heading Unit (HU) untuk yang memang sudah mengerti masalah otomotif, merupakan sesuatu yang sebetulnya mudah dilakukan jika paham dengan jalur kabel yang harusnya dipasangkan. Jadi jalur kabel yang ada pada tape, itu harus bertemu dengan jalur kabel yang seharusnya bertemu dengan mobil. Jadi tinggal mencocokan saja, sisanya tinggal merapih-rapih.

Tetapi, sebelum memulai cara pasang tape mobil, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal berikut supaya pemasangan berjalan dengan sukses dan tape bisa langsung digunakan. Pertama, kamu harus memahami dengan membaca dan membandingkan wiring diagaram pada tape di mobil lama dengan tape yang baru kamu beli.

  1. Siapkan Wiring Diagram Mobil dan Wiring Diagram Tape

Pada tahapan ini kamu mungkin harus membuka buku manual mobil yang sudah kamu beli, kalau sudah tidak ada atau lupa menyimpannya. Bisa juga dengan mencari wiring diagram khusus mobil tertentu di internet, pelajari dan cocokkan dengan wiring diaglam dengan tape terbaru. Dari sini biasanya sudah terbayang mana yang harus dipasangkan

  1. Buka Panel Dashboard Mobil

Selanjutnya bukalah panel dashboard tempat mobil akan dipasangkan tape baru. Bukanya hati-hati ya, pahami betul kalau dashboard ini walaupun memang bisa dibuka sendiri tanpa bantuan bengkel. Tapi tetap harus teliti mencari tempat pertama di mana seharusnya dashboard dibuka.

Jangan sampai bagian pengaitnya rusak supaya bisa ditutup dengan baik. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah meminta petunjuk ke tempat kamu membeli mobilnya (tanpa perlu membukanya di bengkel.

Lepas tape yang lama dan ingin diganti dengan yang baru. Perhatikan dulu konektor yang terhubung di antara tape dengan panel dashboard supaya nanti bisa terbayang kabel mana saya yang seharusnya terhubung diantara tape dan pabel di dashboard

  1. Persiapkan Tape Baru

Cara pasang tape mobil selanjutnya, buka baut-baut tape mobil dengan rapi dan jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang mudah ditemukan. Biasanya suka lupa tuh, jadi harus hati-hati biar pas dipasang lagi nanti jadi gampang.

Di bagian belakang tape selalu ada kabel-kabel seperti kabel power (kabel Ignition), ground, antena dan speaker. Biasanya ada beberapa kabel yang sudah mengerucut pada sebuah konektor dan siap disambungkan. Untuk mengetahui kabel mana seharusnya disambungkan dengan panel dashboar, tolong perhatikan kembali wiring diagram. Sebelum betul-betul akan memasangkannya dengan kabel di dashboard mobil. Siapa tahu konektornya berbeda, jadi mungkin harus membeli konektor baru dengan sedikit modifikasi. Tetapi jika sama, ya tinggal di sambungkan sesuai dengan wiring diagramnya.

Mohon diperhatikan! cara pasang tape mobil harus dalam keadaan mesin mati dan kontak tidak menyala untuk mencegah korsleting listrik.

  1. Coba Nyalakan

Cara pasang tape mobil terkahir adalah memastikan bahwa tape yang sudah dipasang memang berdungsi dengan baik, tidak ada kekurangan baik dari segi suara maupun segi yang lainnya. Dalam mobil terdapat beberapa speaker yang tempatnya berbeda satu dengan yang lainnya. Pastikan semua speaker memilki suara yang bagus pada semua tempat.

Cek juga radio dengan cara memutarkan beberapa channel terdekat. Apakah antenna yang dipasang sudah sesuai den menghasilkan radio terdekat bisa dijangkau. Jika semua sudah dicek dan berhasil, jangan lupa kembali pasang baut-baut yang belum dipasang. Jangan sampai ada baut yang kurang atau tidak dipasang.