Kelebihan Atap Garasi Mobil Baja Ringan, Awetkah?

Bagi orang-orang yang memiliki kendaraan seperti mobil tentu saja sangat membutuhkan adanya garasi. Garasi merupakan ruangan khusus yang dipergunakan untuk menyimpan alat transportasi seperti mobil maupun motor. Adanya garasi tentu membatasi dan melindungi kendaraan dari luar ruangan. Nah pada pembahasan ini kita akan mengulas kelebihan atap garasi mobil baja ringan.

Penggunaan baja ringan dalam dunia kontruksi tentu tak dapat diragukan. Bahkan jika kamu berpikir ingin menggunakan baja ringan sebagai atap garasi, itu merupakan hal tepat. Mengingat ada banyak kelebihan dari baja ringan. Apa saja kelebihan baja ringan jika digunakan sebagai atas garasi mobil? Contoh gambar garasi mobil di rumah, baca terus ya!

Simak juga tips cara pasang tape mobil di website ini.

Kelebihan baja ringan sebagai atap garasi mobil

Ringan

contoh garasi mobil baja ringan

Salah satu kelebihan bahan baja ringan ialah karena memang ringan. Perlu diketahui, berat dari atap baja ringan ini hanya sekitar 9 kg/m2 kurang lebih. Hal inilah yang menjadikan atap baja ringan lebih mudah dalam hal pemasangan. Proses pemasangan yang mudah tentu menjadikan biaya menyewa tukang menjadi lebih ringan. Hal itu dikarenakan proses pemasangan terjadi cukup cepat.

Selain itu, atap dari baja ringan ini juga censunv mudah dipasang karena sistem sambungnya. Ya, sistem sambungan yang mudah benar-benar mempermudah tukang. Penyambungan saat dilakukan dengan sekrup, keling, baut besi hingga dengan cara di las. Meskipun begitu, pemasangan harus dilakukan dengan benar agar atap tak mudah lepas kala terdapat angin.

Kuat

Perlu diketahui, salah satu hal yang menjadikan garasi mobil dengan baja ringan cukup awet ialah karena kekuatannya. Bahkan atap dari baja ringan juga cukup tahan akan berbagai serangan ekstrim. Sehingga, mobil kesayangan kamu dapat terlindungi dengan baik juga. Atap baja ringan bahkan digadang-gadang lebih kuat dibanding jenis atap lain.

Kualitas dari atap baja ringan ini tak diragukan karena ketahanannya sudah cukup teruji. Jika atap kayu mudah keropos maka atap dari baja konvensional mudah berkarat. Untuk itu baja ringan tentu lebih cocok bukan. Perlu diketahui, meski terlihat tipis, nyatanya atap dari baja ringan ini lebih baik karena tidak mudah memuai dan tak mudah menyusut.

garasi mobil pakai baja ringan

Tahan lama

Ketahanan baja ringan tentu saja menjadikannya jauh lebih tahan lama dibandingkan material lain. Bahkan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya tanpa mengalami perubahan. Baik perubahan menyusut atau memuai. Jadi bisa dikatakan atap dari baja ringan ini sangat direkomendasikan bukan?

Fleksibel

Atap dari baja ringan dinilai sangat unggul karena cukup fleksibel untuk dibentuk dan disambung. Sehingga kamu dapat membuat garasi impian dengan mudah. Perlu diketahui, baja ringan tersebut dapat dengan mudah dibentuk juga dipotong. Jadi kamu dapat menyesuaikan bentuknya dengan keinginan. Setelah terpasang sekalipun, kamu juga masih bisa menyambungnya dengan material penghubung lainnya.

Cukup lentur

Perlu diketahui pula, membuat garasi dari atap baja ringan menjadi solusi bagi kamu yang ingin menggunakan bahan terbaik. Atap baja ringan memiliki kelenturan yang sangat baik dibandingkan jenis lainnya. Bahkan tegangan tarik atap yang tinggi membuatnya lebih mudah menyerap energi. Tegangan tarik dari atap baja ringan ini sebesar 550 Mpa.

Bisa didaur ulang kembali

atap garasi mobil baja ringan

Perlu diketahui, baja ringan menjadi salah satu matdrual yang dapat didaur ulang. Dalam artian, setelah tak terpakai kamu dapat menggunakannya untuk bagian kontruksi lain. Hal itu tentu dikarenakan sifatnya yang memang kuat juga tahan lama. Selain itu, jika ingin membongkarnya, kamu dapat melelehkannya untuk kembali dibentuk sebagai kontruksi baru.

Penggunaan atap baja ringan tentu saja juga sangat membantu alam. Mengingat pengunaan atap baja ringan dapat mendukung orogran pengurangan atau penghematan dalam hal penggunaan kayu. Jika penggunaan kayu berkurang, tentu saja penebangan hutan juga dapat berkurang.

Tips ketika ingin membuat garasi mobil

Sebelum mulai membangun sebuah garasi mobil, akan lebih baik jika kamu membaca beberapa tips di bawah ini, dari mulai rangka sampai saja. Apa saja? Berikut diantaranya:

Persiapkan lahan garasi

Mempersiapkan lahan untuk membangun garasi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan sejak awal. Jangan sampai kamu belum memiliki lahan tapi sudah ingin membangun garasi. Bagaimana ceritanya? Siapkan lahan untuk membuat garasi tersebut. Tak masalah jika memiliki lahan kecil dan terbatas, kamu masih bisa mengusung tema minimalis.Anda juga bisa mempertimbangkan model samping, pakai pintu,atau sekalian buat kanopi tertutup untuk menjaga privasi.

Hitung budget yang dimiliki

Tips sebelum membuat garasi mobil kedua ialah hitung budget yang kamu miliki. Perlu diingat, atap baja ringan memiliki harga yang cukup mahal. Jadi kamu perlu mengumpulkan dana jauh-jauh hari. Siapkan dana yang setidaknya berlebih agar dana benar-benar pas. Selain itu, penghitungan dana juga dapat membuat kamu paham apakah dana tersebut cukup atau tidak untuk membuat garasi hingga selesai.

Pilih desain yang seusai

Setelah lahan dan dan sudah ada di tangan maka hal lain yang perlu kamu lakukan ialah memilih desain. Desain yang kamu pilih, selain memang dapat membuat nyaman jangan lupa untuk sesuaikan dengan budget. Jangan sampai budget tersebut kurang dan menjadikannya harus berhenti di tengah-tengah proses pembuatan.

Pilih pekerja yang berpengalaman

Pemilihan pekerja juga menjadi salah satu hal penting. Jangan memilih berdasarkan upah yang murah. Pilihlah pekerja karena memang kamu percaya jika pekerja tersebut mampu membangun garasi seusai keinginan dan harapan. Jangan sampai salah memilih pekerja karena dapat berpengaruh terhadap hasil akhir.

Selain itu, para pekerja yang berpengalaman juga tentu memiliki kualitas yang baik. Mereka terbiasa menangani proyek seperti itu. Sehingga hasilnya juga menjadi rapi dan bagus. Dalam artian, mereka bekerja dengan serius dan tidak asal-asalan. Bagaimana, sudah menemukan pekerja yang tepat untuk membangun garasi impian kamu?

Pilih lantai garasi yang cocok

Lantai mungkin menjadi salah satu hal penting yang banyak dilupakan. Sebelum membangun garasi mobil dari atap baja ringan mulailah untuk memilih lantai lebih dulu. Pemilihan lantai yang salah dapat membuat keamanan menjadi berkurang lho. Pemilihan lantai yang tepat dapat membuat keamanan lebih terjamin. Pilih lantai yang memang biasa digunakan untuk garasi.

Tips di atas tentu dapat menjadikan rencana untuk membangun garasi menjadi lebih matang. Nantinya kamu juga tak akan kaget atau bermasalah dengan budget yang kurang. Hal ini menjadi dampak baik bukan? Bahkan kamu tak akan mengomel karena salah memilih pekerja sehingga garasi jauh lebih lama selesainya.

Setelah mengetahui semua kelebihan dari atap baja ringan untuk garasi sudah seharusnya kamu semakin yakin untuk memilihnya bukan? Perlu diingat, pemasangan atap baja ringan ini juga harus teliti agar tidak terbawa angin jika angin di daerah kamu cukup kencang.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai kelebihan atap garasi mobil baja ringan yang dapat kita ulas. Bagaimana, sudah memiliki rencana menggunakan baja ringan juga? Pilih baja ringan dengan kualitas terbaik ya. Jangan lupa untuk siapkan budget lebih dulu.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *