Begini Tutorial Untuk Memasang Dan Mencari Jalur Kabel Tape Mobil Untuk Kamu Yang Masih Pemula

 

Punya mobil baru atau bekas, namun tidak puas dengan kualitas Tape mobil yang sudah ada. Atau tape mobil yang sudah ada ternyata sudah rusak. Lalu kamu ingin menggantinya tetapi tidak tahu cara memasang dan mencari jalur kabel tape mobilnya seperti apa. Alasan mendatangi artikel ini sepertinya merupakan alasan yang tepat. Karena pada tulisan kali ini kami akan membahasnya dengan lebih rinci

Pengetahuan tentang memasang dan mencari jalur kabel tape mobil ini memang belum banyak dibahas di dunia maya. Padahal tidak sedikit orang yang membutuhkannya, karena sepertinya untuk alasan seperti ini, kamu tidak perlu berjalan ke bengkel dan memakai jasa mereka. Karena selama masih bisa dilakukan di rumah dengan tangan sendiri, kenapa harus membawanya kebengkel?

Selain karena harganya yang murah, kamu juga bisa menambah skill dengan cepat. Tinggal perhatikan dengan seksama bagaimana memasang dan mencari jalur kabel tape mobil ini sampai selesai

Siapkan Tools yang diperlukan

Untuk memasang dan mencari jalur kabel tape mobil, ini jelas tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus ada tape mobil terbaru yang sesuai dengan tape mobil yang lama. Lantas bagaimana cara memilihnya? Gampang! Tinggal cari tape mobil baru yang spesifikasinya sesuai dan compatible dengan mobil yang sedang kamu gunakan. Dengan begitu … cara-cara seperti membuka, dan memasang akan menjadi pekerjaan yang lebih mudah

Kamu juga mungkin perlu untuk membuka buku manual mobil. Untuk melihat wiring diagram kabel yang sudah tersedia di mobil itu, tinggal dipelajari jalur kabel tape mobil ini perhatikan bagian mana yang seharusnya terpasang antara kabel panel dashboard mobil dengan kabel yang ada pada produk tape mobil terbaru. Jika tape mobil sebelumnya diganti karena sudah rusak dalam waktu yang singkat, ada baiknya kamu menghindari produk serupa karena bisa jadi kerusakannya akan sama.

Setelah tape mobil baru yang compatible sudah siap, lalu wiring diagram kabel juga sudah kamu siapkan dari buku manual mobil. Sekarang sebelum menuju tahap selanjutnya, kamu juga wajib menyediakan perkakas yang dibutuhkan. Beberapa obeng plus, testpen, gunting, tang potong, lampu penerang sampai dengan selotip hitam khusus listrik sepertinya harus kamu sediakan sebelum memulai tahap selanjutnya

Cara memasang Tape atau Head Unit Mobil

Pelajaran pertama adalah selalu berhati-hati dan tidak Gurung gusuh. Karena bisa jadi karena tidak hati-hati ada komponen yang rusak karena salah penanganan. Siapkan semua perkakas sebelum memulai.

Tahap pertama pemasangan ini adalah kamu harus membuka panel dashboard depan mobil dengan sangat hati-hati. Meskipun setiap mobil memiliki dashboard yang berbeda, tetapi untuk membukanya selalu dengan cara yang sama, siapkan obeng kembang untuk membuka baud-baud yang menancap pada setiap sudut tape lama di depan dashboard.

Buka penutup atau cover terlebih dahulu, lakukan dengan hati-hati. Jika terasa susah atau keras, kemungkinan ada baud yang harus dibuka terlebih dahulu. Gunakan pembuka plastic dashboard mobil untuk menghindari lecet dan rusak. Setelah cover terbuka dengan aman, selanjutnya mulai dengan membuka tape mobil secara perlahan dengan penuh kehati-hatian. Lalu lepaskan konektor kabel yang menempel di tape dengan panel secara hati-hati. Dalam hal ini kamu bisa meperhatikan dulu jalur kabel tape mobil yang lama sebelum mengambil tape dan melepaskannya dari tempat di mana ia terpasang sebelumnya.

Penting untuk diingat! Jangan lupa untuk menyimpan setiap baud yang sudah dicopot di tempat yang mudah kamu jangkau, dan tidak akan hilang. Secara nanti kamu akan membutuhkannya untuk kembali memasang tape yang terbaru.

Jalur kabel tape mobil Jepang

jalur kabel tape mobil

Mudah untuk diingat, biasanya mobil-mobil pabrikan jepang seperti Honda, Suzuki, Daihatsu, Toyota, Mitsubushi dan lain sebagainya memiliki jalur kabel tape mobil yang standar. Dengan komposisi sebagai berikut :

Kabel putih dan putih strip hitam ini untuk kabel yang terhubung dengan speker depan posisi kiri. Kabel abu-abu dan abu-abu strip hitam biasanya digunakan untuk kabel yang terhubung dengan speaker depan posisi kanan. Selain itu ada juga kabel ungu dan ungu strip hitam untuk menghubungkan kabel dengan speaker belakang kanan. Dan kabel hijau bersama kabel hijau strip hitam yang terhubung dengan kabel speaker bagian belakang posisi kiri.

Satu merek mobil jepang yang jalur kabel tape mobilnya berbeda adalah Nissan Grand LIvina. Dan untuk memudahkan pemasangan jalur kabel yang tidak sesuai standar, maksudnya tidak sama dengan jalur yang ada di atas, kamu bisa menggunakan baterai untuk mengeceknya.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

Hubungkan ujung negative dan positive kabel dengan menggunakan batu baterai. Jika terdengar bunyi speker seperti krasak kresek, maka bisa dipastikan bahwa kabel tersebut kabel yang mengarah pada salah satu speaker. Bagaimana, mudah bukan?

Cara Memasang Tape Mobil Baru

selanjutnya adalah dengan membuka bagian belakang tape mobil baru supaya kabelnya terlihat. Ingat dengan posisi jalur kabel tape mobil sebelum kamu membuka dan melepaskannya? Nah jika tidak ingat, kamu mungkin perlu membuka buku manual mobil dan melihat kembali bagaimana wiring diagramnya.

Perlu diingat, untuk semua proses yang berhubungan dengan kabel, ada baiknya kamu mematikan mobil. Dan pastikan juga mobil tidak sedang posisi menyala. Ini dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menghindari korsleting listrik ya

Selanjutnya adalah hubungkan konetor pada tape terbaru dengan kabel yang ada sesuai di dalam panel dashboard jika ada kabel yang kuningannya terlihat, baiknya kamu segera menempelnya dengan solatip khusus supaya tidak terjadi korleting listrik ketika mobil dinyalakan. Lalu cek kembali apakah semua kabel sudah terhubung dengan pasangannya.

Testing testing

Setelah dirasa aman, semua kabel sudah terhubung, cobalah untuk menyalakan mesin dan mencoba tape mobil terbarunya, apakah sudah terhubung dengan baik dengan semua speaker? Coba datangi satu persatu speakernya, bagian depan posisi kanan, bagian depan posisi kiri, bagian belakang posisi kanan dan bagian belakang posisi kiri. Pastikan semuanya mengeluarkan suara yang bagus.

Baru setelah itu kamu bisa mematikan mobil dan mulai memasangkan tape mobil dengan benar dan menutupnya dengan cover dashboard.

Menutup Cover Dashboard

Selalu ingat di mana kamu menyimpan baud-baud yang tadi dikeluarkan. Pasangkan kembali sampai semuanya diarasa pasa dan tidak kendor. Pasang juga plastic penutup cover dashboard dengan hati-hati. Pastikan ada suara krek tanda cover sudah tertutup dengan baik. Jika ada baut yang masih ada, coba cek lagi ya. Kemungkinan masih ada bagian yang belum dipasang. Karena tidak akan pernah ada baut yang beranak

Selesai

Nah, begitulah cara memasang dan mencari jalur kabel tape mobil untuk pemula. Kami harap kamu bisa dengan mudah mengerti setiap prosesnya.