Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek-Tek

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang saat ini sudah tidak asing lagi di sekitaran kita. Pasalnya yang memilikinya bukan hanya satu sampai dua orang saja melainkan hampir keseluruhan. Namun ketika sang pemilik tak terlalu paham otomotif dan mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek disaat itulah kebingungan akan melanda.

Padahal setiap permasalahan tentu saja ada penyebab dan solusinya, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika kendaraan mengalami hal tersebut. Sejauh ini memang kmesin dapat diketahui kondisinya ketika dinyalakan atau mobil dikendarai. Untuk itu dalam rangka memastikan keadaan mobil maka sebaiknya gunakan terlebih dahulu.

Ketahui Penyebab & Solusi Untuk  Mobil tidak bisa Distarter Bunyi Tek-Tek

mesin mobil bunyi tek tek

Sebagai seorang pemiliki mobil Anda tentu saja tidak menginginkan terjadinya masalah yang serius terhadap kendaraan. Namun siapa yang tahu kapn terjadinya masalah dalm hidup meskipun itu hanya lewat mobil, dan jika sewaktu-waktu mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek simaklah penjelasan berikut supaya Anda bisa segera mengatasinya.

Baca juga artikel kami tentang bagaimana cara modif mobil carry pick up yang bagus dan elegan.

  1. Gigi pinion starter mengalami kerusakan

Gigi pinion merupakan roda gigi yang berbentuk kecil dan menghubungkan antara roda gigi flywheel dengan dynamo starter. Dengan begitu ketika Anda menyalakan starter maka roda gigi pinion tersebut akan menyembul atau muncul dan saling bertautan dengan flywheel.

Sehingga jika poros dynamo mengalami perputaran komponen-komponen yang berkaitan juga akan mengalami hal yang sama. Masalah yang kerap kali terjadi pada gigi pinion ini yakni yang pertama adalah ausnya roda gigi dan kedua yakni roda gigi sudah terkikis bahkan rontok.

Hal ini sendiri disebabkan karena cara kerja dari roda gigi tersebut memanglah selalu keluar masuk dan tentu saja itu membuatnya bertabrakan dengan roda gigi flywheel. Apabila roda gigi tersebut sudah tidak rata lagi karena faktor yang telah disebutkan maka akan membuat mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek.

Meskipun demikian permasalahan ini tetap bisa dicari jalan keluarnya dan diselesaikan dengan baik. Lantas bagaimanakah caranya?. Cukup mudah Anda silahkan membeli roda gigi pinion yang baru dan membawanya ke bengkel supaya dipasangkan. Usahakan pula cari yang bermerek supaya awet.

  1. Oli belum bisa naik

Penyebab masalah mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek yang berikutnya adalah oli belum bisa naik. Ini lebih sering dialami oleh kendaraan yang jarang dipakai dan tidak dipanasi setiap hari. Itu bisa memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kinerja komponen-komponen mobil.

Ketika kendaraan roda empat dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya maka yang ada oli akan mengumpul pada satu titik yakni di carter atau oil pan. Sehingga hal ini akan membuat mesin bagian atas seperti klep serta kepala silinder mengalami kekurangan oli dan kering.

Dengan begitu saat Anda berusaha menyalakan mesin dan menstaternya setelah sekian lama dibiarkan begitu saja maka yang ada mesin akan berbunyi tek-tek. Bunyi itu dihasilkan karena komponen dari mekanisme katup yang bekerja bersama pelumas belumlah naik.

Namun Anda bisa cukup tenang dengan permasalahan ini karena tidak perlu membawanya ke bengkel jika kejadiannya berlangsung sebentar. Cukup biarkan mobil menyala dan berikan waktu supaya oli naik, dengan begitu bunyi yang cukup menganggu akan hilang dengan sendirinya.

Bisa dikatakan juga bahwa bunyi tek-tek bisa muncul karena oli yang seharusnya menjadi pelumas mesin malah belum naik. Jadi bunyi akan tetap terdengar sesekali ketika starter Anda nyalakan. Memang tidak usah khawatir berlebihan namun tetap saja kewaspadaan tetap diutamakan.

Hanya saja jika bunyi tek-tek tetap bertahan dan berlangsung lama, langsung bawa mobil ke bengkel dan tanyakan apa yang terjadi. Karena pada dasarnya pihak otomotif akan jauh lebih mengerti tentang permasalahan kendaraan dan bisa menemukan solusi yang paling tepat.

  1. Dynamo starter oblak

Dynamo starter merupakan komponen penting pada mobil yang sangat berperan ketika pemilik menyalakan mesinnya. Nantinya komponen ini akan melakukan pekerjaan dengan cara memutar poros engkol mesin yang juga memanfaatkan energi listrik pada aki.

Posisi dari dynamo starter sendiri ada pada bagian belakang mesin, tepatnya ada di dekatnya flywheel dan dibaut. Perlu Anda tahu bahwa daya yang akan dikeluarkan oleh komponen satu ini sangatlah besar, pasalnya mesin pada mobil mempunyai 4 piston sehingga butuh kekuatan lebih supaya dapat memaksimalkan kinerjanya.

Lebih tepatnya yang dioptimalkan adalah pemutaran ongkos engkolnya. Disebabkan dayanya yang besar ini jika sewaktu-waktu baut dari dynamo starter tidak bisa menahan lajunya dan mengalami dol atau kurang kencang maka komponen akan mengalami getaran saat mobil dinyalakan oleh pemiliknya.

Alhasil mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek. Disamping itu bunyi mesin tersebut hanya akna terdengar saat starter Anda nyalakan. Jadi saat mesin sudah berhasil nyala, maka bunyi itu akan menghilang dengan sendirinya. Namun bunyi akan tetap datang ketika starter dinyalakan lagi.

Bagaimanakah cara mengatasinya?, jawabannya cek kondisi dari dynamo starter dan pastikan apakah bautnya sudah kencang atau belum. Jika belum langsung kencangkan lagi. Anda dapat memperbaiknya sendiri atau bisa juga membawanya ke bengkel mobil, supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Komponen engine mounting rusak

mobil tidak bisa starter

Jika diartikan engine mounting merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai pemegang mesin supaya tetap kuat atau kokoh pada posisinya di dalam ruang mesin. Selain melakukan pekerjaan itu engine mounting juga diciptakan dengan sedikit lentur atau fleksibel supaya dapat menyerap getaran yang dihasilkan dengan nyaman.

Dalam catatan meskipun kinerja mesin sangat tinggi pada RPM nya. Supaya mendapatkan fungsi tersebut komponen ini dibuat menggunakan dua material seperti karet tebal di bagian peredamnya dan juga logam yang ada di bagian frame. Nah untuk masalah yang sering muncul yakni pada karet dari engine mounting.

Biasanya karet tersebut akan mengalami pecah sehingga tidak hanya kehilangan daya untuk meredam getaran namun juga bisa menimbulkan bunyi-bunyian. Akibatnya permasalahan mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek tidak akan terelakan lagi ketika mesin mulai dinyalakan.

Biasanya permasalahan ini lebih sering mengecoh para pemilik sehingga membuatnya merasa khawatir karena bunyi tersebut terus muncul. Maka dari itu sangat disarankan untuk tetap mengecek keadaan komponen kendaraan meskipun Anda tidak sering menggunakannya.

Sementara itu saat mesin sudah hidup maka juga akan tampak getaran yang mengguncang sehingga jika dibiarkan begitu saja maka dapat berdampak lebih serius pada kondisi mesin itu sendiri. Untuk mengatasinya Anda harus membeli dan menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi permasalahan mobil tidak bisa distarter bunyi tek-tek. Setelah mengetahuinya Anda lebih bisa memahami kondisi mobil sendiri dan tidak harus melulu membawanya ke bengkel karena itu cukup menguras pundi-pundi rupiah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *